6 Universitas Terbaik 2023 dengan Jurusan Digital

6 Universitas Terbaik 2023 dengan Jurusan Digital

6 Universitas Terbaik 2023 dengan Jurusan Digital – Sesuai judulnya, Start-up menceritakan tentang sekelompok anak muda yang sedang membangun usaha rintisan. Drama ini berfokus pada karakter Seo Dalmi, seseorang yang memiliki ambisi untuk membangun sebuah bisnis dan Nam Dosan, seorang pendiri Samsan Tech dan jenis teknik informatika dan matematika. Meskipun fiktif, drama ini dianggap sangat relate oleh penontonnya. Sebab, drama Start-up banyak menunjukkan proses hingga tantangan yang pasti dihadapi oleh pelaku usaha start-up di dunia nyata. Tidak hanya itu, drama ini juga membuat kita sadar bahwa kini teknologi telah sangat maju, sehingga banyak orang yang berlomba-lomba untuk membangun usaha start-up-nya sendiri.

Jurusan Bisnis digital adalah jurusan yang mempelajari tentang cara merancang bisnis yang dikembangkan menggunakan teknologi digital. Ilmu yang akan diperoleh merupakan perpaduan dari ilmu bisnis, manajemen, sistem informasi, hingga teknik informatika. Gelar sarjana yang diperoleh lulusannya pun bukan Sarjana Ekonomi maupun Sarjana Manajemen, melainkan Sarjana Bisnis Digital (S.BD).

Baca Juga: 5 Universitas di Yogyakarta yang Memiliki Akreditas A

Universitas Prasetya Mulya

Universitas Prasetya Mulya memiliki program studi Digital Business Technology (Software Engineering) yang berfokus pada pengembangan solusi bisnis berbasis teknologi digital. Kurikulum pembelajaran yang diterapkan di kampus ini dikembangkan bersama beberapa industri seperti Alibaba, Cloud Partner, AWS Academy, dan Start-up Incubator.

Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR)

Terakhir, yaitu Jurusan Bisnis Digital yang dikembangkan oleh Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR). Pada program studi ini, mahasiswa akan difokuskan untuk mempelajari pengelolaan bisnis secara digital dibandingkan penguasaan berbagai aplikasi online yang sebenarnya dapat dipelajari sendiri.

Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Pada tahun 2020, UNJ telah resmi membuka program Studi (S1) Bisnis Digital. Pada tahun 2021, Jurusan Bisnis Digital UNJ menjadi salah satu jurusan yang banyak diincar dengan jumlah peminat mencapai 2.265. Sedangkan, daya tampungnya hanya 48 mahasiswa saja.

Universitas Padjadjaran (UNPAD)

UNPAD menjadi kampus pertama yang membuka Jurusan Bisnis Digital. Berada di bawah Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Jurusan Bisnis Digital UNPAD dibuka pada tahun 2018 lalu dengan daya tampung 28 mahasiswa (2022). Program studi ini dikembangkan untuk dapat melahirkan alumni yang berkualitas di bidang marketplacebig dataartificial intelligence (AI), hingga start-up.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital milik Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) didirikan pada tahun 2019. Fakultas ini membawahi 6 departemen, yaitu; Desain Produk Industri, Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, Manajemen Bisnis, Manajemen Teknologi, dan Studi Pembangunan.

Binus University

Selain Universitas Prasetya Mulya, kampus swasta lain yang memiliki jurusan serupa adalah Binus University. Program Studi Business Creation atau Penciptaan Bisnis yang didirikan oleh Binus University dirancang untuk membentuk pengusaha masa depan yang kreatif dan inovatif. Serunya, kuliah di jurusan ini gak cuma belajar teori, tapi mahasiswa juga akan langsung melakukan praktik yaitu memulai bisnis baru di tahun ketiga perkuliahan.