15 Jurusan yang Kurang di Minati oleh Mahasiswa

15 Jurusan yang Kurang di Minati oleh Mahasiswa – Ujian Nasional memang bikin galau, apalagi setelah lulus SMA, kalian harus dibingungkan untuk memilih jurusan kuliah. Jurusan juga menjadi hal penting karena akan menjadi langkah awal kita untuk sukses dimasa depan, kalian tidak mau kan salah pilih jurusan yang tidak sesuai dengan minat dan bakat kalian? Dan yang perlu kalian tahu bahwa diluar sana ada jutaan siswa-siswa yang ingin duduk dibangku perkuliahan yang terpopuler saat ini.
Terlebih di universitas-universitas negeri, jurusan-jurusan favorit tersebut sangat ramai dan saking banyaknya peminat maka kalian harus berebut kursi dengan para pendaftar lain. Nahhh, konon katanya tidak semua jurusan perkuliahan bisa menjamin masa depan kita juga lho, kita juga bisa masuk di jurusan kuliah yang jarang diminati tapi menjanjikan masa depan cerah.

Jurusan Fisioterapi

Untuk Fakultas atau jurusan ilmu kesehatan sendiri yang sudah sangat familiar di telinga masyarakat indonesia adalah kedokteran, keperawatan, kebidanan, apoteker dan kesehatan masyarakat. Padahal masih banyak program studi ilmu kesehatan lainnya seperti fisioterapi. Fisioterapi merupakan profesi di bidang kesehatan. Menempuh pendidikan resmi selama 3 tahun untuk Diploma Fisioterapi dan 4 tahun (atau lebih) untuk gelar sarjana sains terapan Fisioterapi.

Seseorang yang lulus dari akademi/fakultas fisioterapi akan menyandang gelar profesi Fisioterapis dan mempunyai kewenangan untuk melakukan aktifitas atau pekerjaan di bidang Fisioterapi. Peluang kerjadalam bidang ini juga cukup besar dan kamu juga bisa buka praktek sendiri atau pun bekerja di rumah sakit dan klinik di kotamu.

Jurusan Sastra Nusantara

Jurusan satra bahasa nusantara jarang diminati oleh calon mahasiswa baru. Mereka lebih banyak memilih  jurusan bahasa asing. Padahal, lulusan jurusan ini bisa bekerja di institusi pendidikan, pusat pengembangan dan penelitian, dan media massa.

Jurusan Kehutanan

Pasti dalam benak kalian mau jadi apa lulusan kehutanan ? Jangan sampe ya kamu mikir lulus bakal jadi penjaga hutan atau tarzan, xixii. Yah memang jurusan ini nggak seterkenal fakultas pertanian ya. Eitss masih inget kan Presiden Indonesia sekarang ? Yuhuu Bp. Jokowi, beliau lulusan Kehutanan UGM. Sekali lagi, mau jadi apa kuliah di kehutanan? Jadi pengusaha mebel seperti Jokowi boleh juga kan? Hehe. Kalo kamu memang suka tentang sesuatu yang berhubungan dengan hutan (tumbuh-tumbuhan dan segala isi-isinya), dan sangat peduli pada kelestariannya, fakultas ini sangat cocok buat kamu. Jurusan pada fakultas ini ada Budidaya Hutan, Manajemen Hutan, Konservasi Sumber Daya Hutan, dan Teknologi Hasil Hutan. Keren kan kerjanya masuk keluar hutan buat penelitian. Kamu juga bakal dibekali ilmu tentang sumber daya alam yang penting dan dicari oleh perusahaan yang bisnisnya kelola SDA.

Jurusan  Obat – obatan Tradisional

Indonesia ini kaya akan segala jenis ramuan tradisional namun mirisnya jumlah mahasiswa yang bersedia mempelajari tentang obat – obatan tradisional ini masih sangat minim sekali sehingga kita kekurangan pekerja untuk bidang ini. Padahal jika kamu tahu, prospek pekerjaan jurusan obat – obatan tradisional sangat menjanjikan. Bahkan jika suatu saat setelah lulus kuliah kamu bisa menghasilkan satu ramuan yang berguna atau paling tidak kamu menemukan zas obat baru maka uang yang akan kamu dapatkan lumayan besar.  Untuk membuka bisnis obat – obatan tradisional juga sangat menjanjikan. Namun memang sangat disayangkan bahwa di negara yang kaya akan rempah – rempah ini jurusan obat – obatan tradisional masih sangat sepi dengan peminat. Nah, mungkin tahun ini kamu yang akan ikut seleksi SBMPTN bisa mempertimbangan jurusan obat – obatan tradisional sebagai pilihan.

Jurusan  Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan

Jurusan ini memang kerap sekali dipandang sebelah mata bagi calon mahasiswa. Padahal bidang pertanian ini sangat penting sekali di negara kita karena Indonesia merupakan negara agraris. Banyak yang belum tahu bahwa kuliah jurusan ilmu hama dan penyakit tumbuhan memiliki prospek pekerjaan yang menjanjikan. Maka dari itu hingga saat ini masih sangat minim sekali mahasiswa yang mau memilih ilmu hama dan penyakit tumbuhan sebagai jurusan yang diambil.

Saran untuk kamu, sebaiknya kamu tidak segan untuk ambil jurusan ilmu hama dan penyakit tumbuhan. Karena selain berguna untuk tumbuhan jurusan ini juga bisa membantu sektor pertanian di Indonesia supaya lebih maju untuk kedepannya. Apalagi saat ini peminatnya masih jarang jadi kesempatan untuk kamu mendapatkan pekerjaan yang menarik akan lebih besar. Silahkan pertimbangkan jurusan ilmu hama dan penyakit tumbuhan sebagai jurusan kuliahmu.

Jurusan Geofisika

Salah satu jurusan yang saat ini masih sepi dengan peminat adalah jurusan geofisika. Jurusan yang menerapkan ilmu matematika dan fisika ini padahal mempunyai prospek di lapangan kerja yang sangat bagus. Jika masuk dalam jurusan ini kamu akan sering bertemu dengan bidang yang berkaitan dengan bumi dan lingkungan jadi pasti akan menyenangkan. Terutama untuk kamu yang suka dengan alam dan makhluk hidup.

Dengan mempelajari ilmu geofisika kamu juga bisa belajar seputar fenomena yang terjadi di lingkungan atau fenomena yang ada di bumi secara lebih mendalam. Prospek kerja jurusan geofisika juga memiliki peluang yang cukup luas seperti peneliti, BMKG, industri minyak bumi dan gas serta pekerjaan dengan gaji tinggi yang lainnya. Kalau butuh jaminan gaji yang menjanjikan, kamu yang anak IPA bisa memilih jurusan geofisika sebagai bekal di masa depan.

Jurusan Teknik Pengairan

Program studi Teknik Sumberdaya Air atau yang juga dikenal dengan nama Teknik Pengairan ini memang masih sangat minim peminatnya. Padahal jika dilihat dari segi kebutuhan sistem pengairan sangat penting untuk dapat dikelola dengan baik. Teknik ini juga penting untuk pencegahan banjir sampai mengatasi masalah kekeringan. Mungkin sampai kapanpun teknik ini akan tetap dibutuhkan dalam kehidupan sehari – hari.  Jadi tidak salah jika kamu mau ambil jurusan teknik pengairan. Setelahh lulus ambil jurusan teknik pengairan kamu bisa bekerja di instansi pemerintah dan BUMN dengan tawaran gaji yang menjanjikan. Jurusan ini juga bisa dijadikan pilihan apabila kamu bingung dan tidak mau banyak saingan saat seleksi SBMPTN.

Gimana, jelas kan?Pikir Jurusan kuliah bukan hal yang patut kalian sepelekan, jangan jadikan diri kalian sebagai masyarakat pekerja (worker), sukses tidak dinilai pada setinggi apa kedudukan kalian di perusahaan, tapi jadilah masyarakat yang mampu memipin dirinya sendiri sedini mungkin, jadi jangan biarkan jurusan kuliah menjadi pilihan orang tua kalian, apalagi teman-teman kalian.

 Jurusan Teknik Nuklir

Teknik Nuklir masuk dalam jurusan yang sepi peminat bahkan untuk anak IPA sekalipun sangat jarang yang mau ambil jurusan ini. Jurusan teknik nuklir saat ini hanya ada di salah satu PTN di Indonesia yakni Universitas Gajah Mada. Mungkin jika mendengar kata nuklir yang pertama akan terlintas di benak kamu adalah bom dan ledakan. Tapi perlu kamu ketahui bahwa teknik nuklir yang akrab dengan fisika ini sedang sangat dibutuhkan diberbagai negara termasuk di Indonesia sebenarnya.

Jurusan ini akan mempelajari fenomena reaksi nuklir seperti reaksi peluruhan, reaksi fisi, reaksi fusi dan lain sebagainya. Untuk masalah pekerjaan bagaimana setelah lulus, kamu tidak perlu khawatir. Karena pastiya lulusan jurusan teknik nuklir bisa bekerja di badan tenaga nuklir nasional sebagai peneliti.  Kamu juga bisa bekerja di rumah sakit, karena ilmu nuklir juga biasa diterapkan untuk radioterapi dalam pengobatan kanker lho. Jadi sudah pasti ya kalau pekerjaan yang akan kamu dapatkan sangat menjanjikan.

Jurusan  Teknik Biodemis

Mungkin yang ada dibenak anak ipa kebanyakan jurusan kedokteran adalah jurusan terbaik. Padalah jurusan teknik biodemis juga memiliki prospek kerja yang menjanjikan lho. Lulusan jurusan ini memiliki peluang yang besar dalam dunia kerja meski belum terlalu populer di kalangan pelajar. Belajar mengenai biodemik juga sangat menyenangkan dan seru lho.

Perlu kamu ketahui juga bahwa di amerika serikat lulusan untuk jurusan ini bisa ditawari gaji hingga pulugan juta bahkan ada yang ditawari gaji US$104,000 atau sekitar Rp. 1.404.000.000. Wah, besar sekali bukan? Tahun ini tidak ada salahnya jika kamu mencoba jurusan ini sebagai pilihan. Meski nanti kamu tidak kerja keluar negeri prospek di dunia kerja tetap menjanjikan jadi kamu tidak perlu khawatir tidak akan tawaran kerja sama sekali setelah kamu lulus nanti.

Karena selain dalam bidang kesehatan kesempatan dalam bidang lain seperti bidang industri dan pendidikan juga lumayan besar. Banyak kesempatan baik yang akan kamu dapatkan dalam jurusan teknik biodemik ini. Jadi jangan ragu kalau mau belajar di jurusan teknik biodemis.

Jurusan Pendidikan Guru SLB

Kalau melihat peminat jurusan PGSD (pendidikan guru sekolah dasar) bisa dibilang jumlahnya cukup banyak. Berbeda dengan jurusan pendidikan Guru SLB yang sepi peminatnya. Mungkin memang tidak mudah menjadi guru SLB namun ada banyak manfaat dan kebaikan yang bisa kamu dapatkan saat belajar ilmu pendidikan guru SLB lho. Selain bisa berbuat baik demi kepentingan orang lain khususnya siswa yang berkebutuhan khusus, kamu juga bisa membuktikan bahwa kamu cukup kompeten karena ilmu yang kamu pelajari nyatanya tidak mudah.

Padahal saat ini banyak siswa berkebutuhan khusus yang juga membutuhkan pendidikan setara dengan siswa normal lainnya. Jika dilihat Pendidikan Guru SLB yang sangat minim peminatnya berarti tawaran untuk pekerjaan yang menjanjikan sudah ada di depan mata setelah kamu lulus nanti.

 Jurusan Arkeologi

Ini juga jurusan yang bisa dibilang selain udah langka banget juga miskin peminat. Tapi kalo agan kuliah di jurusan ini itung-itung kan bisa gantiin indiana jones. Padahal kalau kuliah di sini sebenarnya seru dan menyenangkan karena yang kita pelajari adalah artefak kuno, fosil, prasasti, naskah-naskah kuno, penggalian candi, dipelajari juga tentang hukum, filsafat serta sejarah, dan hal-hal yang berkaitan konservasi budaya juga alam, dipelajari juga tentang sinematografi sebagai bekal untuk merekonstruksi kejadian di masa lampau.Kalau sudah lulus, kamu bisa jadi peneliti.

Jurusan  Oceanografi

Jurusan ini padahal sangat seru dan menyenangkan namun saat ini masih sepi peminat. Oceanografi sendiri merupakan ilmu yang mempelajari tentang ilmu kelautan. Misalnya saja seperti ekosistem laut,  organisme laut, arus samudera, gelombang, geologi dasar laut dan sebagainya. Seharusnya ini bisa menjadi jurusan yang nantinya akan sangat menguntungkan apalagi dengan semakin berkembangnya sektor maritim di Indonesia saat ini. Tentu saja nantinya akan membutuhkan lulusan – lulusan yang berprestasi.  Jika ikut ambil dalam jurusan ini kamu bisa sekalian berlibur keliling laut di Indonesia. Jangan salah juga, oceanografi biasanya dicari dan ditawarkan dengan gaji yang lumayan tinggi lho.

Jurusan Teknik Kelautan

Pasti masih awam ya jurusan ini bagi kalian. Jurusan ini bukan jurusan kelautan yang mengurusi ekosistem laut ya! Jurusan ini mendidik mahasiswa untuk bisa bikin konstruksi di tengah laut. Selain itu, mahasiswa juga diajarkan mendesain pipa yg mentransfer minyak dari sumur ke anjungan. Banyak deh yang diajarkan di jurusan ini.teknik kelautan mempelejari sistem desain anjungan lepas pantai, mahasiswa teknik kelautan di didik untuk bisa mendesain bangunan. Jenjang karir setelah lulus juga terbuka lebar.

Jurusan Manajemen Transportasi

Selama manusia sering berpindah-pindah, selama masih ada mobil, kapal dan pesawat maka lulusan manajemen transportasi masih dibutuhin. Karena di jurusan manajemen transportasi kalian bakal belajar manajemen lalu lintas kendaraan baik itu darat, laut ataupun udara serta barang-barang niaga. Nah, kalo prospek kerjanya sangat terbuka lebar nih.

Jurusan Filsafat

Filsafat, banyak yang berfikir jika ilmu ini cenderung membosankan, tapi hasil yang kalian dapatkan tidak akan membuat kalian mnyesesal setelah masuk ke jurusan ini. Dilansir dari wikipedia filsafat adalah studi tentang seluruh fenomena kehidupan dan pemikiran manusia secara kritis dan dijabarkan dalam konsep mendasar. Namun banyak orang tua yang takut kalau anaknya belajar ilmu ini akan merusak keimanan dan kepercayaan pada Tuhan.Namun semua tergantung iman kita ya guys ! 🙂

Lulusan filsafat dididik untuk melihat suatu permasalahan dari berbagai sudut pandang, ini sangat penting untuk memecahkan dan pencerah pikiran pada lapangan kerja. Kedua, lulusan filsafat dapat dikatakan manusia yang dituntut untuk “bodoh” sekaligus “sempurna”. Maksudnya bodoh karena mereka harus terus bertanya dan mengamati dengan hening segala keadaan. Sempurna karena hasil kontemplasi mereka atas keadaan di atas dapat menjadi rekomendasi bagi kebaikan suatu instansi.